Postingan Populer

Sabtu, 21 Oktober 2023

Pemanfaatan Game Edukasi Untuk Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

            Beberapa waktu yang lalu, saya dinyatakan lolos sebagai Sahabat Teknologi Yogyakarta. Sahabat Teknologi Yogyakarta adalah sebutan untuk tiga puluh peserta yang lolos dalam pembaTIK level 4. PembaTIK sendiri adalah suatu program yang dilaksanakan oleh Pusdatin Kemdibbud.PembaTIK terdiri dari empat level, yaitu literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi. Setiap level memiliki linimasa yang berbeda-beda. Setiap level dari kegiatan PembaTIK juga memiliki tugas yang berbeda-beda pula.


        Saat ini saya berada pada level 4 PembaTIK. Untuk tugas dari pembaTIK level 4 sendiri adalah mengembangkan dan mempraktikkan inovasi pembelajaran berbasis TIK, berbagi praktik baik inovasi yang telah dilakukan. semua dokumentasi dishare dalam semua kanal, baik itu media sosial, vlog, maupun blog.   Hemmm,,,menarik sekali, bukan?

        Untuk tugas PembaTIK level 4, saya memilih game edukasi dalam pembelajaran. Game edukasi yang saya pilih adalah roda putar, teka-teki silang, dan kotak soal. ketiga game edukasi ini semuanya berbasis TIK dan bisa diakses kapan saja dan dimana saja oleh peserta didik. Jadi, ketika peserta didik tidak puas bermain game edukasi di sekolah, mereka juga bisa bermain ulang di rumah dengan menggunakan ponsel pintarnya masing-masing. Oh, iya, berikut saya sematkan link game edukasi yang saya gunakan untuk pembelajaran di kelas kemarin. Silakan dicoba!

1. Game edukasi teka-teki silang, silakan klik di sini 
2. Game edukasi roda putar, silakan klik di sini
3. Game edukasi kotak soal, silakan klik di sini


        Setiap pembelajaran pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. tidak terkecuali game edukasi yang saya gunakan di dalam pemeblaajaran. Untuk kekurangan dan kelebihan dari game edukasi yang saya gunakan di kelas adalah sebagai berikut:

        

       
 Naah, sekarang Bapak dan Ibu sudah tahu tentang tugas PembaTIK level 4. Sampai jumpa pada tulisan saya selanjutnya! selamat berakhir pekan semuanya!

#PusdatinKemendikbudristek

#BLPTKemendikbudristek

#MerdekaBelajar

#PembaTIK2023

#PembaTIKlevel4

#SahabatTeknologiKemendikbudristek

#PlatformMerdekaMengajar


Tidak ada komentar:

Tugas Akhir Pembatik Level 4 Tahun 2023

Hei...hei...hei...Sahabat Teknologi Yogyakarta tahun 2023. Bagaimana nih, progres tugas akhir PembaTIKnya? Hari ini tenggat terakhirnya, loh...