Postingan Populer

Sabtu, 21 Oktober 2023

Webinar Berbagi dan Berkolaborasi Sahabat Teknologi DIY Seri 7

Hari ini akhirnya saya dan dua teman virtual saya akhirnya menyelesaikan Webinar PMM dengan Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK bersifat Kolaboratif dengan Memanfaatkan Platform Teknologi. Ada tiga pemateri dalam webinar ini. Yang pertama adalah Ibu Rizki Puspitadewi dari SMAN 5 Yogyakarta yang menyampaikan materi dengan tema Pemanfaatan Laboratorium Virtual Terintegrasi Augmented Reality dalam Pembelajaran Kimia. Pemateri kedua adalah Ibu Hermin Susilowati dari SD Negeri 1 Bunder yang menyampaikan materi tentang Quizizz untuk Assesmen Lebih Asyik. Pemateri ketiga adalah saya sendiri. Pada webinar kali ini saya menyampaikan materi tentang Pemanfaatan Game Edukasi untuk Pembelajaran yang menyenangkan.




Saya sadar bahwa peserta didik saya memiliki zaman yang berbeda dengan saya dulu. karena itulah saya juga harus memilih metode belajar yang berbeda agar peserta didik tidak bosan dengan pembelajaran yang saya sampaikan di dalam kelas. Peserta didik zaman sekarang sudah sangat familiar dengan teknologi, karena itulah saya memilih game edukasi untuk saya integrasikan di dalam pemeblajaran yang saya lakukan di dalam kelas.

Saya memilih aplikasi wordwall untuk membuat game edukasi. Ada banyak pilihan game edukasi yang bisa dibuat oleh guru dalam aplikasi ini. Akan tetapi, jika guru menggunkan aplikasi yang free alias gratis, maka setiap akun hanya bisa membuat lima game edukasi untuk pembelajaran. Jika ingin membuat game edukasi secara tidak terbatas, maka saya sarankan untuk memakai aplikasi yang premium.

Webinar tadi pagi dimulai tepat pukul sembilan pagi. hampir tidak ada kendala sama sekali dalam pelaksanaan webinar hari ini. Hanya saja memang ada beberapa peserta yang sempat terlempar dari webinar karena signal. hal itu bukanlah suatu yang aneh dalam webianr yang diselenggarakan secara daring karena meang pelaksanaan webinar secara daring sangat tergantung dengan jaringan.

Saya ucapkan selamat kepada Bapak/ Ibu semua yang sudah masuk dalam tiga puluh besar sahabat teknologi Yogyakarta. Mari bersama-sama mewujudkan kemajuan pembelajaran di Indonesia dengan memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar.

#PusdatinKemendikbudristek

#BLPTKemendikbudristek

#MerdekaBelajar

#PembaTIK2023

#PembaTIKlevel4

#SahabatTeknologiKemendikbudristek

#PlatformMerdekaMengajar

Tidak ada komentar:

Tugas Akhir Pembatik Level 4 Tahun 2023

Hei...hei...hei...Sahabat Teknologi Yogyakarta tahun 2023. Bagaimana nih, progres tugas akhir PembaTIKnya? Hari ini tenggat terakhirnya, loh...